Pertanyaan: Assalamualaikum ustadz apa yang harus di lakukan ketika ziarah kubur? Dari Ibu Simah Dari Tanggerang

Jawaban:

Yang harus dilakukan atau dihindari seseorang yang berziarah kubur adalah:

Pertama. Ketika masuk, sunnah mengucapkan salam kepada mereka yang telah meninggal dunia. Rasulullah mengajarkan kepada para sahabat agar ketika masuk kuburan membaca,

أﻟﺴَّﻼَﻡُﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺃَﻫْﻞَﺍﻟﺪِّﻳَﺎﺭمِنَ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَﻭِﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ ﻭِﺇِﻧَّﺎﺇِﻥْﺷَﺎﺀَﺍﻟﻠَّﻪُ ﺑِﻜُﻢْ ﻻَﺣِﻘُﻮْﻥَ. ﻧَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟلّهَ ﻟَﻨَﺎ ﻭَﻟَﻜُﻢُ ﺍﻟﻌَﺎﻓِﻴَﺔَ 

“Semoga keselamatan dicurahkan atasmu wahai para penghuni kubur, dari orang-orang yang beriman dan orang-orang Islam. Dan kami, jika Allah menghendaki, akan menyusulmu.

Aku memohon kepada Allah agar memberikan keselamatan kepada kami dan kamu sekalian (dari siksa).” (HR Muslim)

Kedua. Tidak duduk di atas kuburan, serta tidak menginjaknya. Berdasarkan sabda Rasulullah : “Janganlah kalian shalat (menghadap) kepada kuburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya.” (HR. Muslim)

Ketiga. Tidak melakukan thawaf sekeliling kuburan dengan niat untuk ber-taqarrub (ibadah). Karena thawaf hanyalah dilakukan di sekeliling Ka’bah. Allah berfirman, “Dan hendaklah mereka melakukan thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah, Ka’bah).” (AI-Hajj: 29)

Keempat. Tidak membaca Al-Qur’an di kuburan. Rasulullah bersabda, “Janganlah menjadikan rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan berlari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim)

Hadits di atas mengisyaratkan bahwa kuburan bukanlah tempat membaca Al-Quran. Berbeda halnya dengan rumah. Adapun hadis-hadis tentang membaca Al-Quran di kuburan adalah tidak shahih.

Kelima. Tidak boleh memohon pertolongan dan bantuan kepada mayit, meskipun dia seorang nabi atau wali, sebab itu termasuk syirik besar. Allah berfirman, “Dan janganlah kamu menyembah apa yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain Allah , sebab jika kamu berbuat (yang demikian) itu, maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang zhalim.” (Yunus: l06)

Zhalim dalam ayat ini berarti musyrik. Allahu a’lam (Admin/FU)

 

%d bloggers like this: