Jakarta – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Zainut Tauhid Sa’adi mengajak seluruh khotib untuk menjadikan masjid sebagai tempat untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan ketaatan.

Ia juga menambahkan bahwa masjid sebagai tempat untuk menanamkan nilai-nilai kasih sayang, toleransi, akhlak mulia dan cinta tanah air.

Menurutnya, masjid bukan untuk menebarkan permusuhan, ujaran kebencian, fitnah dan propaganda paham keagamaan yang justru dapat mempertajam perbedaan serta perselisihan.

MUI juga kembali mengingatkan kepada seluruh umat Islam untuk waspada dengan adanya kelompok yang secara sistematis, terstruktur dan masif menyebarkan paham radikalisme dan ekstrimisme. Sebab paham tersebut sangat berpotensi memecah belah umat dan mengancam NKRI.

Zainut tauhid juga meminta kepada kementerian, lembaga pemerintah dan BUMN untuk secara serius melakukan pengawasan terhadap masjid yang berada di bawah kewenangannya. Supaya dipastikan dikelola oleh pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang terbebas dari paham radikal dan ekstrim. (red/rep)