Pertanyaan : Saya ingin menanyakan kepada Ustadz tentang sholat sunnah rowatib yang 12 rakaat. Untuk sholat sunnah Zhuhur yang dicontohkan Rosululloh yang 4 rakaat. Sunnah qobliyahnya atau ba’diyahnya? karena ada yang bilang qobliyahnya tapi ada yang bilang ba’diyahnya. Ibu jadi bingung. Terima kasih atas jawabannya. Dari Ibu Sunarti di Cimanggu Bogor

Jawaban :

Berkenaan dengan sholat Rowatib dijelaskan melalui Hadits dari Ummu Habibah ;  bahwa jumlah sholat rawatib ada 12 rakaat dan penjelasan hadits sholat rowatib 12 rakaat ini diriwayatkan oleh At-Tarmidzi dan An-Nasa’i, dari ‘Aisyah  ia berkata: bahwasanya Rasulullah  bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan dua belas rakaat pada sholat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga, (yaitu): empat rakaat sebelum dzuhur, dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat sesudah ‘isya, dan dua rakaat sebelum subuh“.

Jadi sholat sunnah Rowatib empat rokaat dilaksanakan sebelum  sholat zhuhur sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist  tadi. Dan itu dilakukan dengan dua kali salam. Allohu a’lam.

%d bloggers like this: