Setidaknya 10 kebakaran terjadi di permukiman-permukiman Yahudi di sekitar Jalur Gaza pada Selasa akibat layang-layang dan balon api yang diterbangkan dari Jalur Gaza.

Menurut sumber Israel, orang-orang Palestina di Jalur Gaza terus menerbangkan layang-layang dan balon api ke arah permukiman-permukiman Yahudi. Sumber militer Israel ini menambahkan, tim pemadam kebakaran Israel sudah mengatasi kebakaran sejak pagi di sejumlah permukiman Yahudi. Tidak ada korban jiwa, namun menimbulkan kerugian materi.

Surat kabar Israel Yedeot Aharonot menyebutkan, 10 kebakaran terjadi di daerah pinggiran Jalur Gaza akibat layang-layang dan balon api.

Beberapa pekan sejak aksi Pawai Kepulangan Akbar, para pemuda Palestina menggunakan alat baru untuk melawan penjajah Israel dengan menerbangkan layang-layang dan balon api ke arah permukiman-permukiman yahudi di sekitar Jalur Gaza. Aksi ini mengakibatkan terjadinya kebakaran luas pada ladang, pertanian dan hutan di wilayah permukiman Israel.

Akhirnya, militer Israel memburu mereka yang menerbangkan layang-layang atau balon api dengan menembaki mereka baik melalui sniper atau pesawat terbang.

Saluran TV2 Israel baru-baru ini merilis kerugian akibat kebakaran di permukiman-permukiman Yahudi sejak tiga bulan lebih, yang diperkirakan mencapai 30 juta shekel atau 8 juta dolar. (red/palinfo)