Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 1 mayat korban yang tertimpa reruntuhan masjid akibat gempa di Lombok Utara, NTB, setelah berusaha dengan berbagai cara.

Proses evakuasi di Masjid Jamiul Jamaah, Desa Bangsal, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara pada Selasa kemarin. Masjid besar dua lantai itu ambruk dan hancur total ketika gempa 7 Skala Ritcher Ahad lalu.

Setelah dikeluarkan dari reruntuhan beton, mayat yang belum diketahui identitasnya itu langsung dibawa menggunakan ambulans.

Petugas evakuasi menggunakan alat berat untuk menghancurkan reruntuhan masjid.

Evakuasi korban masih akan berlangsung. Namun, usai 1 mayat ditemukan, Tim SAR gabungan membubarkan diri terlebih dahulu.

Masjid Jamiul Jamaah berada di dekat rumah Lalu Mohammad Zohri, juara lari dunia 100 meter.

Sebelumnya, ada pula masjid yang gambarnya viral di media sosial, karena hancur total dan diprediksi masih banyak jamaah terjebak dalam reruntuhan, di Desa Lading-Lading Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara yang kini masih terus di evakuasi oleh  tim SAR gabungan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, korban meninggal dunia bertambah menjadi 105 orang per Selasa 7 Agustus kemarin. (red/hidayatullah)