Pemerintah resmi mengambil alih penerbitan sertifikat halal, yang selama ini dikeluarkan oleh MUI. Hal tersebut dilakukan setelah diresmikannya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal atau BPJPH.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Kementerian Agama, di Jakarta, pada Rabu (11/10/2017) kemarin mengatakan, Badan ini memiliki tugas mengeluarkan sertifikasi halal dan pengawasan produk halal. Pasca adanya BPJPH, kewenangan MUI tetap penting dan strategis yaitu menetapkan fatwa suatu produk, yang kemudian disampaikan ke BPJPH untuk kemudian diterbitkan sertifikatnya.

Di tempat yang sama, Ketua MUI Ma’ruf Amin menyambut baik kehadiran BPJPH. Menurutnya, selama ini MUI hanya berwenang menerbitkan sertifikat halal, tapi tidak dalam pengawasan dan penegakan hukum.

Dengan adanya BPJPH, penerbitan sertifikasi, pengawasan dan penegakan hukum akan menjadi kewenangan BPJPH.

Lukman menambahkan, sementara, untuk label halal yang selama ini dikeluarkan MUI juga akan berubah. Nantinya BPJPH akan merilis label halal dengan logo sendiri. Namun, label halal itu belum bisa dirilis karena masih dalam proses di Kementerian Hukum dan HAM.

(arrahmah.com)