Jakarta – Pada musim haji tahun ini, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama atau Itjen Kemenag, akan menurunkan 17 orang untuk memantau dan mengawasi penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi.

Tim yang terdiri dari auditor dan inspektur itu akan melihat beberapa hal di sana terutama terkait dengan pemondokan, transportasi, catering, dan pembinaan manasik haji. Hal ini sebagaimana diungkapkan Irjen Kementerian Agama, Rojikin saat menjadi pemateri pada acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis kemarin.

Menurut Rojikin , tujuan dari pengawasan ini adalah  untuk meningkatkan  pelayanan. Adapun hal-hal yang krusial biasanya terjadi di pemondokan. Yaitu, ketika para jamaah baru tiba ternyata kamar hotel belum siap. Ini yang harus diperhatikan oleh para petugas haji, agar dicek detail mulai dari kamar, kamar mandir hingga lampu-lampunya.

Sementara, di bidang transportasi, bis-bis akan dilihat kualitasnya dan juga layanan transportasi jarak jauh. (ihram/admin)

%d bloggers like this: