Hamba Allah di Bogor… pak ustadz, kiat-kiat apa saja untuk menyembuhkan dan menjauhkan kita dari penyakit hati?

Jawaban :

Bismillah… berikut akan kami nukilkan beberapa sebab dan sarana pengobatan yang sangat bermanfaat bagi berbagai penyakit hati, sekaligus penyembuh yang sangat ampuh untuk menghilangkan kegoncangan jiwa. Diantaranya yaitu:

  1. Mengikuti petunjuk, memurnikan tauhid dan mengikhlaskan ibadah hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala, saja sebagaimana kesesatan dan syirik itu merupakan faktor terbesar bagi sempitnya dada.
  2. Menjaga iman yang Allah subhanahu wa ta’ala sematkan kedalam hati hamba-hamba-Nya, dan juga amal shalih yang dilakukan seseorang.
  3. Mencari ilmu syar’i yang bermanfaat. Setiap ilmu syar’i seseorang bertambah luas, maka akan semakin lapang pula hatinya.
  4. Bertaubat dan kembali melakukan ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang Maha Suci, mencintai-Nya dengan sepenuh hati, serta menghadapkan diri kepada-Nya dan menikmati ibadah kepada-Nya.
  5. Terus menerus berdzikir kepada-Nya dalam segala kondisi dan tempat. Sebab dzikir mempunyai pengaruh yang sangat menakjubkan dalam melapangkan dan meluaskan dada, menenangkan hati, serta menghilangkan kebimbangan dan kedukaan.
  6. Berbuat baik kepada sesama makhluk sebisa mungkin. Sebab, seseorang yang murah hati lagi baik adalah manusia yang paling lapang dadanya, paling baik jiwanya dan paling bahagia hatinya.
  7. Mengeluarkan berbagai kotoran hati dari berbagai sifat tercela yang menyebabkan hatinya menjadi sempit dan tersiksa, seperti dengki, kebencian, iri, permusuhan dan kedzoliman.
  8. Meninggalkan sesuatu yang berlebihan dalam memandang, berbicara, mendengar, bergaul, makan dan tidur. Meninggalkan hal itu semua merupakan salah satu faktor yang dapat melapangkan dada, menyenangkan hati dan menghilangkan kedukaan dan kesedihan.

Demikian obat sekaligus penyembuh untuk penyakit hati yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Wallohu A’lam…

Dijawab Oleh : Tim Lajnah Ilmiyah Fajri FM


Dukung Radio Fajri dengan menyalurkan sebagian harta Anda, untuk pembiayaan dan pengembangan dakwah Islam melalui Radio Fajri dengan berdonasi di nomor rekening A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani:

Bank Syariah mandiri : 7068-790-268
Bank Muamalat : 121-007-6294
Bank BNI Syariah : 033-596-2322
Bank BCA : 095-319-5957
Bank BRI Syariah : 2102-100-993

Informasi dan Konfirmasi:
Tlp. WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05

%d bloggers like this: