Saat ini Islam di Rusia merupakan agama terbesar kedua setelah kristen ortodoks, data terakhir mencatat bahwa populasi Muslim Rusia mencapai 24 juta jiwa atau sekitar 15-20% dari penduduk Rusia, dengan jumlah demikian, maka Rusia menjadi negara berpenduduk Muslim terbesar di Eropa, bahkan dengan perkembangan yang sangat signifikan, bukan hal yang mustahil bahwa Islam akan menjadi agama terbesar di Rusia. Hal ini juga diamini oleh pernyataan puluhan pengkaji akademis Islam di Rusia yang memprediksi bahwa Rusia akan menjadi salah satu negara Islam pada tahun 2050.

Kehidupan Muslim di Rusia yang dulu terisolasi, saat ini kian membaik dibanding ketika masa komunis dahulu, sekarang mereka dapat menjalankan aktivitas peribadahannya dengan aman.

Hal nini dapat kita lihat terutama pada saat sholat Jumat, saat ini warga Muslim Rusia sampai memenuhi jalan-jalan untuk melaksanakan sholat Jumat.

Yusuf Sadjanovich, seorang warga Rusia seperti dikutip dalam CBN.com menyampaikan bahwa, “saya tidak ingat lagi kapan terakhir kali saya dapat sholat Jum’at di dalam masjid.”

Ini menunjukan bahwa masjid-masjid yang ada sudah tidak dapat menampung semua warga Muslim Rusia. Mereka pun terus menerus menyampaikan permintaannya untuk membangun masjid-masjid baru di Rusia, begitu yang disampaikan oleh Shamil Alyautdinov, Imam di Masjid Moscow Memorial.

Masyarakat Muslim Rusia juga sekarang mendapat kemudahan mengakses informasi tentang Islam melalui AI-RTV, sebuah televisi Islam pertama di Rusia.

Pakar Studi Islam, Universitas St. Petersburg, Alexander Sotnichenko mengatakan, AI-RTV bisa dijadikan sebagai sarana dialog di antara komunitas Muslim dan ini sangat penting guna memudahkan proses integrasi karena Rusia sendiri sebenarnya belum membangun identitasnya setelah Uni Soviet runtuh. Karena itu, kita butuh diskusi untuk mengetahui identitas. Jangan sampai kita takut berdiskusi.

Dalam sepuluh tahun pertama setelah Uni Soviet runtuh, negeri-negeri Muslim di Asia Tengah mulai menggali kembali peradaban Islam yang membentuk mereka sejak abad awal kelahiran Islam hingga keruntuhan Kekhalifahan Ottoman Turki di pengujung Perang Dunia Pertama dan di tahun ke 20, Rusia pun tidak ketinggalan mengalami hal yang sama.

Dengan fakta dan realita yang ada kita berharap bahwa Islam akan terus berkembang dan Islam menjadi agama terbesar di Rusia yang nantinya akan membawa Rusia menjadi negara Islam.

Sumber: Intisari HASMI


Dukung Radio Fajri dengan menyalurkan sebagian harta Anda, untuk pembiayaan dan pengembangan dakwah Islam melalui Radio Fajri dengan berdonasi di nomor rekening A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani:

Bank Syariah mandiri : 7068-790-268
Bank Muamalat : 121-007-6294
Bank BNI Syariah : 033-596-2322
Bank BCA : 095-319-5957
Bank BRI Syariah : 2102-100-993

Informasi dan Konfirmasi:
Tlp. WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05