Menteri Haji Arab Saudi Bandar bin Muhammad Hajjar mengatakan, pemotongan kuota kemungkinan besar akan tetap dilakukan pada penyelenggaraan haji 2014.

Informasi dari Menteri Haji Arab Saudi itu disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Anggito Abimanyu.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengadakan pertemuan dengan Menteri Haji Arab Saudi Bandar bin Muhammad Hajjar dalam kunjungan kerjanya ke Jeddah, pada hari Selasa.

Mentri agama didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Anggito Abimanyu. Pada kesempatan itu Mentri agama meminta agar kuota haji Indonesia tidak dipotong pada penyelenggaraan haji 2014. Mentri agama beralasan bahwa pelaksanaan ibadah haji tahun 2013 berjalan dengan baik dan lancar.

Anggito mengatakan dalam siaran pers Rabu kemarin “Menteri Agama Suryadharma Ali mengajukan pengembalian kuota Indonesia ke kuota dasar yakni 211 ribu jamaah dan tidak dipotong lagi dengan alasan lancarnya pelaksanaan ibadah tawaf dan sa’i tahun 2013,”

Anggito pun melanjutkan Atas permintaan Mentri agama, Menteri Haji Arab Saudi menjawab, pemotongan kuota kemungkinan besar akan tetap dilakukan pada penyelenggaraan haji 2014. “Kemungkinan besar akan tetap dilakukan pemotongan 20%  untuk jamaah non-Saudi dan bahkan 50% untuk jemaah dari Saudi sendiri,”

Bahkan, Menteri Haji mengatakan bahwa kecil kemungkinannya untuk mengembalikan kuota haji Indonesia ke kuota dasar sampai selesainya rehabilitasi Masjidil Haram pada tahun 2016.

“Berdasarkan evaluasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi tahun 2014, belum dimungkinkan pengembalian kuota tersebut,” (Hidayatullah.com)