Sheffield, Inggris – Dewan Kota Sheffield, Inggris, mengakui keberadaan Palestina sebagai negara berdaulat. Sejumlah orang memproklamirkan pernyataan itu dengan mengibarkan bendera Palestina di luar Balai Kota.

Wakil Pimpinan Dewan Kota Sheffield, Olivia Blake mengatakan bahwa Sheffield hanya satu kota, tetapi dapat membuat gerakan simbolis. Ia juga berharap dapat memberi tekanan pada pemerintah untuk melakukan hal yang sama.

Deklarasi itu tercipta setelah kelompok Sheffield Labor Friends of Palestine membuat petisi yang mendesak dewan kota mengakui keberadaan Palestina. Upaya mereka didukung oleh hampir 20 ribu orang yang memberikan tanda tangan.

Perwakilan Sheffield Labor Friends of Palestine, Julie Pearn, menyatakan bahwa deklarasi pengakuan itu sudah sepatutnya dilakukan. Selama ini, sudah ada 138 negara yang mengakui Palestina sebagai negara.

Labor Friends of Palestine yang mendukung langkah tersebut berniat meneruskan petisi kepada Parlemen Inggris untuk membahasnya pada Sepember mendatang. Duta Besar Palestina untuk Inggris, Hussam Zomlot, menyambut baik langkah itu.

Menurut Zomlot, dukungan Sheffield tidak sekadar simbolis, tetapi menjadi pionir menuju pengakuan keseluruhan Inggris atas Palestina. Hal itu cukup berat dan tertunda sekian lama akibat Deklarasi Balfour 1917 yang mendukung zionisme. (admin/republika)

%d bloggers like this: