Kebanyakan orang tidak mengerjakan sholat tahajud penyebabnya adalah: malas, lebih memilih tidur dari pada sholat, dan tidak bisa bangun. Itu memang wajar karena sholat tahajud memang berat untuk dilakukan apalagi bagi orang yang imannya kurang. Ditambah lagi godaan setan yang menambah beratnya untuk mengerjakan sholat tahajud.

Rosululloh sholallohu alaihi wasallam bersabda: “Ketika salah seorang dari kalian sedang tidur, maka setan mengikatkan tiga ikatan di tengkuk kepalanya. Untuk setiap ikatan dia menyegel dengan perkataan: “Kamu masih memiliki malam yang panjang, maka teruslah tidur! Jika dia tetap bangun dan menyebut nama Alloh, maka satu ikatan terlepas. Jika dia mengambil air wudhu, maka satu ikatan terlepas lagi dan jika ia mengerjakan sholat maka satu ikatan terlepas lagi dan dia menjadi orang yang rajin dan baik jiwanya. Tetapi jika tidak maka jiwanya akan jelek dan dia akan malas”. (HR. Bukhari-Muslim)

Berikut ini adalah beberapa tips agar bisa bangun malam:

  • Mengetahui keutamaan bangun malam untuk sholat tahajud. 
  • Waktu malam adalah waktu mustajab untuk berdo’a

Dari Jabir rodhiallohu anhu, ia barkata, “Aku mendengar Rosululloh bersabda, “Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Alloh suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Alloh akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad)

  1. Sholat malam dapat menjadikan seseorang masuk surga dengan selamat. Dari Abdullah bin Salam, Rosululloh sholallohu alaihi wasallam bersabda, “Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, dan sholat malamlah pada waktu orang-orang tidur, kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Imam Tirmidzi) 
  2. Sholat malam merupakan tradisi orang-orang sholeh dan dapat mencegah dosa. Rosululloh sholallohu alaihi wasallam telah bersabda yang artinya ”Hendaklah kalian melaksanakan shalat malam karena shalat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa”. (HR. At-Tirmidzi) 
  3. Shalat malam merupakan salah satu cara untuk menaikkan derajat di surga. Diriwayatkan dari Abu Malik Al Asy’ari bahwasanya Rosululloh sholallohu alaihi wasallam pernah bersabda :“Sungguh dalam surga terdapat kamar-kamar yang bagian dalamnya terlihat dari luar dan bagian luarnya terlihat dari dalam. Kamar-kamar itu Alloh sediakan untuk orang yang memberi makan, melembutkan perkataan, mengiringi puasa Romadhon, menebar salam dan asyik shalat malam di saat manusia terlelap tidur”. (HR. Ahmad, Ibnu hibban dan At-tirmidzi) 
  4. Shalat malam merupakan shalat paling utama setelah shalat fardhu.Rosululloh sholallohu alaihi wasallam bersabda: ”Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharam, bulannya Alloh. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah sholat malam”. (HR. Muslim)

     

  5. Kemuliaan orang beriman ada dengan shalat malam

Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’ad rodhiallohu anhu ia berkata: ”Pernah jibril datang menemui Nabi sholallohu alaihi wasallam lalu berkata: “Hai Muhammad, hiduplah sesukamu karena kau pasti akan mati. Cintailah siapa saja orang yang kau suka karena sungguh kau akan berpisah dengannya. Berbuatlah sesukamu karena sesungguhnya kau akan dibalas dengan perbuatanmu itu. ‘Kemudian jibril berkata, ”Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman ada dengan shalat malam. Dan kegagalan orang beriman adalah sikap mandiri dari bantuan orang lain.” (HR. al-Hakim).

Inilah beberapa keutamaan luar biasa dari sholat sunah qiyamullail, dengan demikian maka otomatis orang yang memiliki keimanan kuat Insya Alloh akan segera bangkit untuk dapat melaksanakaannya.

  • Niat

Setelah kita mengetahui keutamaan tersebut, maka selanjutnya kita harus memiliki niat yang kuat untuk bangun malam. Rosululloh sholallohu alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya” (HR. al-Bukhori Muslim)

Sebenarnya niat yang kuat merupakan suatu hal semacam perintah ke otak sehingga otak akan mengirimkan perintah keseluruh tubuh agar melaksanakan perintah tersebut. Begitu juga dengan bangun pada malam hari. Dalam dunia psikologi pun hal ini bisa dijelaskan lewat suatu konsep yang dinamakan sugesti. Sugesti itu merupakan teknik untuk menghadirkan kekuatan, ketetapan, keinginan dan kehendak yang amat kuat. Demikian juga sugesti yang kita berikan kepada diri sendiri sebelum tidur agar bangun pada jam tertentu. Insya Alloh anda akan bisa bangun pada malam hari.

  • Menggunakan Pengingat (Alarm)

Jika cara pertama belum berhasil, maka ini bisa menjadi solusi agar bisa bangun pada malam hari. Pengingat bisa berupa hp ataupun jam. Satu catatan, jangan meletakkan jam ataupun hp dekat-dekat dengan tempat tidur anda. Jika hp atau jam itu anda letakkan disamping badan anda, atau diatas kepala anda, maka beberapa detik ketika dia berbunyi, anda terdorong untuk segera mematikannya dan anda tergoda untuk tidur kembali.

  • Mengetahui tipu daya syetan.

Dari Abdulloh bin mas’ud rodhiallohu anhu, ia berkata,”Pernah disebut-sebut dihadapan Nabi sholallohu alaihi wasallam seseorang yang tidur satu malam penuh, lalu baru bangun waktu pagi hari. Maka Nabi sholallohu alaihi wasallam bersabda, “Itu adalah orang yang telinganya atau kedua telinganya dikencingi oleh syetan.” (HR. al-Bukhori & Muslim)

Dari Abu Huroiroh rodhiallohu anhu, bahwasanya Rosululloh sholallohu alaihi wasallam pernah bersabda, ”Setan membuat ikatan pada tengkuk salah seorang dari kalian saat tidur dengan tiga ikatan. Setiap kali setan memasang ikatan tersebut, ia berkata,”Tidurlah, malam masih panjang!” Jika orang tadi bangun dan mengingat Alloh maka lepaslah satu ikatan. Jika ia berwudhu maka lepas satu ikatan. Jika ia shalat maka lepas seluruh ikatan. Sehingga di waktu pagi ia dalam keadaan bersemangat dan kondisi kejiwaan yang baik. Namun jika tidak maka di waktu pagi ia dalam keadaan malam dan kondisi kejiwaan yang buruk.” (HR. al-Bukhori  & Muslim)

  • Mengingat kematian dan tidak panjang angan-angan.

Abdullah bin Umar rodhiallohu anhu bercerita, “Suatu ketika Rosululloh sholallohu alaihi wasallam memegang pundakku, lalu beliau bersabda,”Hiduplah engkau di dunia seperti orang asing atau seorang musafir” (HR. Bukhori)

  • Berusaha untuk tidur di awal malam sehingga memiliki kekuatan dan semangant untuk shalat malam. 
  • Berusaha untuk memperhatikan adab-adab tidur sesuai arahan Rosululloh sholallohu alaihi wasallam, seperti bersuci sebelum tidur, dan membaca dzikir sebelum tidur sesuai sunah Rosululloh. 
  • Berdo’a kepada Alloh untuk dimudahkan dan diistiqomahkan bangun malam. 

Inilah beberapa hal yang mudah-mudahan dapat membantuk kita untuk dapat melaksanakan salah satu sunah yang sudah mulai banyak ditinggalkan oleh kaum muslimin. Semoga Alloh memberi kemudahan.

Artikel: Gerimis


Dukung Radio Fajri dengan menyalurkan sebagian harta Anda, untuk pembiayaan dan pengembangan dakwah Islam melalui Radio Fajri dengan berdonasi di nomor rekening A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani:

Bank Syariah mandiri : 7068-790-268
Bank Muamalat : 121-007-6294
Bank BNI Syariah : 033-596-2322
Bank BCA : 095-319-5957
Bank BRI Syariah : 2102-100-993

Informasi dan Konfirmasi:
Tlp. WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05