Ustadz, di antara kafarat atau penghapus dosa-dosa adalah langkah-langkah menuju ke masjid. Lalu bagaimana dengan muslimah yang sholatnya dilaksanakan di rumah? Mohon penjelasannya

 [divide]

Jawaban:

Melaksanakan sholat fardhu di masjid bagi laki-laki memiliki keutamaan yang sangat besar, di antaranya setiap langkahnya akan menghapuskan dosa. Namun, bagi muslimah, maka perlu diketahui bahwa Sholat yang terbaik bagi wanita adalah di rumahnya. Hal ini berdasarkan hadits dari Ummu Salamah, bahwa Rosululloh sholallohu alaihi wasallam bersabda :

Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah bagian terdalam dari rumah mereka.” (HR. Ahmad)

Dan juga dari ‘Abdulloh bin Mas’ud, Nabi sholallohu alaihi wasallam bersabda :

Sholatnya seorang wanita di kamarnya lebih utama baginya daripada sholatnya di ruang tengah rumahnya, dan sholat seorang wanita di ruang kecil khusus untuknya lebih utama baginya daripada di kamarnya.(hadits shahih Riwayat Abu)

Namun demikian, diperbolehkan bagi wanita jika ingin melaksanakan Sholat berjamaah di masjid, selama memperhatikan aturan seperti menutupi aurat dan tidak memakai harum-haruman, aman dar fitnah. Salim bin Abdulloh bin Umar meriwayatkan bahwa Abdulloh bin ‘Umar rodhiallohu anhu berkata: “Aku mendengar Rosululloh sholallohu alaihi wasallam bersabda:Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian untuk ke masjid. Jika mereka meminta izin pada kalian maka izinkanlah dia(HR. Muslim).

Hanya saja, Sholat di rumah bagi seorang muslimah merupakan pengamalan dari perintah Alloh subhanahu wa ta’ala agar wanita diam di rumah. Bahkan dengan tetap tinggal di rumahnya, wanita bisa mendapatkan pahala yang banyak. Aktifitas hariannya di dalam rumah bisa bernilai pahala. Dalam Tafsir Al Qur’an Al ‘Adzim surat Al Ahzab 33 Diriwayatkan dari Anas bin Malik rodhiallohu anhu, dia mengatakan:

 “Seorang wanita datang menemui Rosululloh kemudian berkata: “Wahai Rasulullah, laki-laki memiliki keutamaan atas kami dan mereka juga berjihad di jalan Alloh. Apakah bagi kami kaum wanita bisa mendapatkan amalan orang yang jihad di jalan Alloh? Rasulullah bersabda: “ Brangsiapa di antara kalian yang tinggal di rumahnya  maka dia mendapatkan pahala seperti mujahid di jalan Alloh.”

Jadi, sangat jelas bahwa wanita lebih afdhol atau utama sholat di rumah, dan tentu ia pun akan mendapatkan ampunan dari Alloh subhanahu wa ta’ala. Demikian wallohu a’lam.

Dijawab oleh Tim Lajnah Ilmiah Radio Fajri


Dukung Radio Fajri dengan menyalurkan sebagian harta Anda, untuk pembiayaan dan pengembangan dakwah Islam melalui Radio Fajri dengan berdonasi di nomor rekening A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani:

Bank Syariah mandiri : 7068-790-268
Bank Muamalat : 121-007-6294
Bank BNI Syariah : 033-596-2322
Bank BCA : 095-319-5957
Bank BRI Syariah : 2102-100-993

Informasi dan Konfirmasi:
Tlp. WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05