Dakwah telah diperhitungkan sebagai suatu amal taqorrub kepada Alloh ta’ala yang paling agung dan mulia. Karenanya para pengemban amal ini adalah sebaik-baik manusia. Yaitu mereka dari kalangan para Nabi dan Rosul, maka cukuplah ini sebagai bukti tentang keutamaan dakwah. Keutamaannya bertolak dari substansi seruan dakwah, menyeru manusia kepada tugas kehidupan yang hakiki, pelaksanaan pengabdian hanya kepada Alloh subhanahu wa ta’ala.  

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ 

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat [51]: 56)

Oleh karena itu, Alloh subhanahu wa ta’ala menjanjikan pahala yang besar dan pemberian yang sangat memuaskan. Rosululloh sholallohu alihi wasallam telah bersabda kepada sohabat Ali bin Abi Tholib rodhiallohu anhu;

“Jikalau sekiranya Alloh memberi petunjuk kepada seseorang melalui perantaramu hal itu lebih baik bagimu dari pada unta merah.” (HR. Bukhori)

Dakwah adalah jalan titian utama Rosululloh sholallohu alaihi wasallam, sohabat-sohabatnya, dan para pengikutnya yang setia.  

قُلْ هَٰذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي ۖ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

“Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kalian) kepada Alloh dengan hujah yang nyata, Maha Suci Alloh, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik.” (QS. Yusuf [12]: 108)

Setelah Alloh menjadikan amal dakwah sebagai tugas para Nabi dan Rosul, maka Dia telah memerintahkan pula kepada hamba-hamba-Nya yang beriman untuk menjadi pelaksana-pelaksana dakwah.  

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali ‘Imron [3]: 104)

Dakwah adalah sebagai salah satu amal pembuktian keimanan seseorang yang beriman kepada Alloh ta’ala. Surga ‘adn dengan istana-istana indah gemerlap, keridhoan Alloh, kesempatan melihat wajah-Nya ’azza wa jalla yang maha mulia, telah disediakan untuk para penyeru dan pengibar panji-panji dakwah.

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ 

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang makruf, mencegah dari yang munkar…,” (QS. At-Taubah [9]: 71)

Akan tetapi ketika dakwah ditinggalkan, diremehkan oleh orang-orang beriman maka akan menimbulkan madhorot, tersebar banyak kerusakan dan keburukan, kebenaran akan dianggap kebathilan, keberanian para pendosa mengumbar kemaksiatan, turunnya azab Alloh, dan tidak terkabulnya doa yang dimohonkan. Hal ini telah Alloh jelaskan sebagaimana yang telah menimpa kepada orang-orang sebelum kita.

(لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُودَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ (78) كَانُوا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرٍ فَعَلُوهُ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ (79

”Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Isroil dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.” (QS. Al-Maidah [5]: 78-79)  

Sumber : Panduan Safari Dakwah HASMI


Dukung Radio Fajri dengan menyalurkan sebagian harta Anda, untuk pembiayaan dan pengembangan dakwah Islam melalui Radio Fajri dengan berdonasi di nomor rekening A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani:

Bank Syariah mandiri : 7068-790-268
Bank Muamalat : 121-007-6294
Bank BNI Syariah : 033-596-2322
Bank BCA : 095-319-5957
Bank BRI Syariah : 2102-100-993

Informasi dan Konfirmasi:
Tlp. WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05