KEPUTUSAN DEWAN PENGURUS PUSAT
HARAKAH SUNNIYYAH UNTUK MASYARAKAT ISLAMI (HASMI)
038/ KEP./DPP HASMI / VII/ 2015

Tentang
Keputusan Penentuan Awal Syawal / jatuh hari raya Idul Fitri 1436 H. / 2015 M.

Mengacu : Kepada dasar pensyariatan hari raya idul fitri, sebagaimana dijelaskan dalam hadits dari Anas ra, beliau berkata: “Rosululloh datang ke Madinah dalam keadaan orang-orang Madinah mempunyai 2 hari (raya) yang mereka bersenang-senang didalamnya. Rosululloh Shollollohu ‘alaihi wa sallam berkata: “Apa (yang kalian lakukan) pada 2 hari itu?” Mereka menjawab:“Kami bersenang-senang didalamnya waktu kami masih jahiliyyah.” Maka Rosululloh Shollollohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Alloh telah menggantikannya untuk kalian dengan yang lebih baik dari keduanya, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri.”

Mengacu : Pada kaifiyyah penentuan Awal syawal / jatuhnya hari raya idul fitri, Hadits Rosululloh saw. Yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dari jalur Ibnu Umar ra.

اذا رأيتموه فصوموا واذا رأيتموه فأفطروا فان غم عليكم فأكملوا العدة ثلاثين
“Apabila kalian melihat hilal Romadhon,maka berpuasalah. Dan aapbila kalian melihat hilal syawal, maka berlebaranlah. Akan tetapi apbila pandangan kalian tertutup awan, maka genapkanlah sya’ban dan Romadhon menjadi 30 hari.”

Menimbang : Telah terlihatnya hilal pada waktu ghurub (tenggelamnya) matahari tanggal 29 Romadhon 1436 H. yang bertepatan dengan tanggal 16 Juli 2015 di beberapa titik ru’yah di belahan bumi nusantara,

Menimbang dan Mengacu : Pada kaifiyyah penentuan awal Syawal/Jatuhnya hari raya idul fitri
dalam Hadits Rosululloh saw. Yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dari jalur Ibnu Umar ra.

اذا رأيتموه فصوموا واذا رأيتموه فأفطروا فان غم عليكم فأكملوا العدة ثلاثين

“Apabila kalian melihat hilal Romadhon,maka berpuasalah. Dan aapbila kalian melihat hilal syawal, maka berlebaranlah. Akan tetapi apbila pandangan kalian tertutup awan, maka genapkanlah sya’ban dan Romadhon menjadi 30 hari.

Maka,
Dewan Pengurus Pusat Harakah Sunniyyah Untuk Masyarakat Islami (Hasmi)
Memutuskan dan Menetapkan Bahwa:
01 Syawal 1436 H. jatuh pada hari Jum’at, 17 Juli 2015.

Ditetapkan di : Bogor
Tanggal : 16 Juli 2015

Dewan Pengurus Pusat
Harakah Sunniyyah Untuk Masyarakat Islami
(HASMI)