Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim mengungkapkan jumlah jemaah umrah dari Indonesia urutan kedua terbesar di dunia. Dan jumlah jemaah umrah selalu meningkat setiap tahunnya. Ia mengungkapkan bahwa tahun kemarin, Jemaah umrah asal indonesia sebanyak lebih dari sejuta orang. Jumlah ini adalah yang terbesar di dunia setelah Pakistan. Hal ini diungkapkan Arfi saat penandatanganan pembentukan satgas pengawasan lintas lembaga di Jakarta, Jumat kemarin.

Menurut Data Kemenag, dalam rentang September 2018 sampai Januari 2019, jamaah umrah mencapai lebih dari 500 ribu jamaah. Tiga tahun sebelumnya, jumlah jemaah tidak pernah kurang dari 500 ribu.

Karena jumlah yang demikian besar dan permasalahan yang kompleks, maka dalam melakukan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah perlu melibatkan semua pihak yang memiliki regulasi dan kewenangan sesuai bidang tugasnya.

Arfi menilai, nota kesepahaman juga penting mengingat penyelenggaraan ibadah umrah merupakan hal yang kompleks. Oleh karena itulah, pembentukan Satgas di tandai dengan penandatanganan Nota kesepahaman antara Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata, Menteri Luar Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, Kapolri, dan Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional.

Lukman menambahkan, pembentukan satgas lintas lembaga ini untuk memastikan pelayanan umrah dan sejumlah permasalahan berbagai lembaga umrah fiktif bisa diselesaikan.(arrahmah/admin)

%d bloggers like this: