Kerajaan Arab Saudi akhirnya memberi kemudahan kepada jamaah haji asal Qatar. Selain tidak perlu melewati verifikasi elektronik, calon jamaah haji Qatar bahkan dijemput pesawat khusus dari kerajaan dan sebagian dibolehkan melintasi perbatasan darat.

Kantor berita BBC Arabic melansir dari kantor berita kerajaan, SPA, Rabu (16/08/2017) yang lalu menyebutkan bahwa Raja Salman bin Abdul Aziz telah mengizinkan jamaah haji Qatar melintasi pintu perlintasan berbatasan Salwa, yang menghubungkan kedua negara.

Raja juga menyetujui pengiriman pesawat khusus untuk menjemput calon jamaah haji di bandara internasional Doha. Calon jamaah yang melalui udara ini akan didaratkan di Bandara Jeddah, Bandara Internasional Raja Fahd dan Bandara Al-Ihsa’.

Tidak hanya itu, penyambutan jamaah haji asal Qatar ini ditanggung sepenuhnya oleh kerajaan. Keputusan ini diambil setelah pembicaraan khusus antara Putra Mahkota Muhammad bin Salman dan seorang tokoh Qatar Syaikh Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Jasim Alu Tsani.

Mengomentari hal ini, pemimpin redaksi surat kabar Qatar Al-Arab, Abdullan Al-‘Utzbah, mengatakan bahwa keputusan Saudi ini membantah tuduhan memanfaatkan urusan haji untuk politisasi dan menggunakannya sebagai senjata melawan Qatar.

(Kiblat.net)