Dilaporkan ISIS dalam beberapa hari terakhir melancarkan serangan besar-besaran terhadap wilayah-wilayah yang dikontrol rezim di provinsi Dier Zour, Suriah. Mereka berupaya menyempurnakan kontrol penuh di kota strategis itu.

Lembaga pengawas HAM Suriah pada Kamis (07/05), menyebutkan serangan itu dimulai Rabu pagi (06/05) dengan bom mobil. Pertempuran sengit meletus berlangsung, terutama di timur Dier Zour dan sekitar bandara militer. Direktur pengawas HAM Suriah, Rami Abdurrahman, menambahkan sedikitnya empat tentara rezim tewas dalam pertempuran pada pagi itu. Termasuk dari korban tewas perwira berpangkat brigadir. Sementara itu, serangan udara sengit dilancarkan pesawat-pesawat rezim.

Kantor berita Prancis menyebutkan, melansir dari aktivis Muhammad Al-Khalif, ISIS berhasil merebut banyak wilayah dalam pertempuran tersebut. Ia menunjukkan, separuh kota Dier Zour kini dikuasai ISIS. Ia menambahkan, pertempuran saat ini masih terjadi di lingkungan Shana’ah, Rashafah dan Al-Ammal di timur Dier Zour.

Khalif menjelaskan, daerah-daerah itu terletak sangat strategis karena dekat dengan bandara militer Dier Zour yang sempat dikuasai ISIS beberapa jam. Selain itu, daerah itu juga terletak dekat dengan wilayah “Perempatan Keamanan”. Menurut informasi, pertempuran itu telah disiapkan ISIS sepekan sebelumnya. Mereka mendatangkan pasukan tambahan dari provinsi Raqqah, yang merupakan basis utama mereka di Suriah.

[al-khad/fajrifm/Al-Jazeera]