Dari Hamba Alloh di Cimahpar,

Assalamu’alaikum, saya ibu mualaf karena menikah, saya ikhlas, dan saya menyembah Alloh subhanahu wa ta’ala sebenar-benarnya. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya boleh menerima uang penjualan warisan? Mohon solusinya..

[divide style=”2″]

Jawaban:

Orang kafir tidak boleh menerima warisan dari seorang muslim dengan kesepakatan ulama terdahulu maupun yang datang belakangan.

Adapun hukum seorang muslim mewarisi harta dari kerabat yang kafir, maka hal ini adalah masalah yang diperdebatkan oleh para ulama sejak zaman para sahabat. Pendapat mayoritas ulama, tidak boleh saling mewarisi antara muslim dan orang kafir, dengan dasar hadist Usamah bin Zaid yang diriwayatkan Imam Bukhori dan Muslim:

Tidak boleh seorang muslim mewarisi orang kafir dan tidak pula seorang kafir mewarisi seorang muslim.

Adapun pendapat sebagian dari sahabat seperti Muadz bin jabal dan Muawiyah bin Abu Sufyan, ataupun sebagian tabi’in seperti Said bin Almusayyab, As-Sya’bi dan Ibrahim An-Nakh’i, bahwa hal tersebut, hukum seorang muslim mewarisi orang kafir, dibolehkan. Mereka berhujjah dengan hadis Muadz yang diriwayatkan oleh Abu Daud bahwa Rosululloh bersabda:

“Islam itu menambah dan tidak mengurangi”

Mereka juga beralasan bahwa kita (kaum Muslimin) dibolehkan menikahi wanita mereka (ahli kitab) dan mereka (orang kafir) tidak boleh menikahi wanita kita (muslimah), maka dengan demikian kita boleh mewarisi mereka dan mereka tidak boleh menerima warisan dari kita, dan terlihat Ibnu Taimiyah memberikan isyarat kecondongannya kepada pendapat ini.

Dan pendapat yang lebih mendekati kepada kebenaran adalah pendapat yang kedua yaitu bolehnya seorang muslim mewarisi orang kafir, maka tidak mengapa jika anda mengambil bagian tersebut, namun kami menasehati Anda untuk menyedekahkan sebagiannya sebagai bentuk sedekah di jalan Alloh. Atau memberikan kepada saudara Anda agar terketuk hatinya untuk menerima islam atau mendapat hidayah.

Dijawab oleh Tim Lajnah Ilmiah Radio Fajri


Dukung Radio Fajri dengan menyalurkan sebagian harta Anda, untuk pembiayaan dan pengembangan dakwah Islam melalui Radio Fajri dengan berdonasi di nomor rekening A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani:

Bank Syariah mandiri : 7068-790-268
Bank Muamalat : 121-007-6294
Bank BNI Syariah : 033-596-2322
Bank BCA : 095-319-5957
Bank BRI Syariah : 2102-100-993

Informasi dan Konfirmasi:
Tlp. WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05