Dari Nisa di parung,

Assalamu’alaikum..

Pa ustad surat apakah yg bagus untuk di baca oleh ibu hamil. Surat Maryam atau Surat Yusuf?

 [divide]

Jawaban

Tidak ada dalam syariat yang menjelaskan bahwa seorang wanita yang hamil dianjurkan membaca surat tertentu agar janinnya jadi anak yang cerdas atau tampan. Jika ada yang berkeyakinan demikian tanpa ada dalil, maka dia telah berkata mengenai agama Alloh apa yang tidak ia ketahui. Tidak diragukan lagi bahwasanya Al-Quran secara keseluruhan baik, berkah, dan berpahala, namun bukan berarti kita bisa menyandarkan perkara kepada Alquran yang dikehendaki oleh keinginan kita atau yang diinginkan oleh anak-anak kita.

Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

هُوَ الَّذِي يُصَوِّرُكُمْ فِي الْأَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاءُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Dialah yang membentuk kalian dalam rahim sebagaimana dikehendaki Alloh. Tak ada Robb (yang berhak disembah) melainkan Alloh, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Ali Imran: 6)

Imam Al Qurthubi rohimahulloh mengatakan, “Maksudnya Alloh subhanahu wa ta’ala yang menciptakan; jelek atau tampan, hitam atau putih, tinggi atau pendek, sempurna atau cacat, dan lain sebagainya.”

Namun demikian tidak mengapa seorang wanita yang hamil menyibukkan diri dengan membaca Al-Quran dan mendengarkannya tanpa mengkhususkan surat tertentu, terlebih lagi karena ada penelitian di bidang kedokteran yang menyatakan suara-suara dari luar bisa mempengaruhi perkembangan janin. Apabila suara yang didengar adalah suara orang yang membaca Alquran, diharapkan keberkahan dan kebaikannya akan berpengaruh terhadap janin tersebut tanpa merinci dan membatasi jenis keberkahan dan kebaikan tersebut. Wallohu a’lam

Dijawab oleh tim lajnah Fajri FM


Dukung Radio Fajri dengan menyalurkan sebagian harta Anda, untuk pembiayaan dan pengembangan dakwah Islam melalui Radio Fajri dengan berdonasi di nomor rekening A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani:

Bank Syariah mandiri : 7068-790-268
Bank Muamalat : 121-007-6294
Bank BNI Syariah : 033-596-2322
Bank BCA : 095-319-5957
Bank BRI Syariah : 2102-100-993

Informasi dan Konfirmasi:
Tlp. WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05