Sebanyak 40 warga sipil di Ghouta Timur tewas akibat serangan pasukan Assad dalam dua hari terakhir. Menurut laporan yang dilansir dari Anadolu, pasukan pemerintah Assad melakukan serangan intensif ke distrik Douma Ghouta Timur. Hal ini sebagaimana Informasi dari Pertahanan Sipil White Helmets Rabu (10/01/2018) kemarin.

Tim Pertahanan Sipil juga dilaporkan berhasil menyelamatkan banyak warga sipil dari reruntuhan bangunan. Korban luka tersebut telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Tim Pertahanan Sipil juga melaporkan serangan-serangan rezim Assad ke Ghouta Timur selama 2017 menewaskan lebih dari seribu orang termasuk belasan anggota mereka yang sedang bertugas.

Ghouta Timur yang terletak di pinggiran kota Damaskus merupakan rumah bagi sekitar 400.000 penduduk yang setengahnya merupakan anak-anak. Sejak akhir 2012, distrik tersebut berada di bawah kepungan pasukan Assad. Padahal, wilayah itu masuk dalam zona de-eskalasi di mana tindakan agresi dilarang keras dilakukan di sana.

Informasi terkini menyebutkan, seribu orang warga Ghouta Timur perlu mendapatkan pengobatan medis yang 600 orang di antaranya kini dalam kondisi kritis. Sejumlah bayi dan anak juga meninggal dunia akibat kelaparan dan kekurangan obat.

(islampos.com)