Pertemuan pimpinan Hamas bersama faksi-faksi kerja nasional dan Islam di Gaza telah berakhir, dalam suasana positif dan menegaskan pentingnya menggelar dialog nasional untuk menyukseskan pemilu Palestina.

Usai pertemuan, faksi-faksi Palestina menyatakan bahwa pertemuan dengan pimpinan Hamas sangat positif dan penting untuk menghilangkan rintangan bagi kesuksesan pemilu Palestina.

Tokoh Front Demokratik, Samir Abu Mudlilah menyebutkan bahwa pertemuan sangat penting sebagai penyempurna dialog sebelumnya seputar langkah menyukseskan pemilu.

Abu Mudlilah menjelaskan, pertemuan membahas sejumlah langkah untuk menyukseskan pemilu mendatang, dan menghilangkan rintangan.

Dialog nasional menjadi urgen sebagai pendahuluan bagi pemilu, untuk menjamin kebebasan dan pengawasan, serta menyepakati visi politik bagi pemilu Palestina.

Menurut Abu Mudlilah, semua pihak harus memberikan visi politik bagi bangsa Palestina, agar pemilu ini menjadi pendahuluan untuk mengakhiri perpecahan, dan bukan memperdalam krisis.

Tokoh Front Rakyat, Luay Qaryuti menyatakan, pertemuan sangat penting untuk menjamin kelangsungan dialog dan musyawarah antara faksi, dan membahas pemikiran baru untuk ketenangan bangsa.

Pemilu merupakan langkah pertama untuk merealisir persatuan nasional, dan faksi-faksi telah menyampaikan sejumlah usulan untuk menyukseskan pemilu yang dinanti rakyat Palestina.

Pimpinan gerakan Halilintar di Gaza, Muhyidin Abu Diqqah menegaskan urgensi pertemuan dengan Hamas, untuk menghilangkan hambatan yang mungkin merintangi jalannya pemilu.

Abu Diqqah menjelaskan, semua faksi sepakat menggelar dialog sebelum pemilu, untuk menghadirkan pemilu secara demokratis dan positif. (palinfo/admin)

%d bloggers like this: