Masjid adalah rumah-rumah Alloh azza wa jalla, tempat kaum Mukminin ruku’, sujud, berdoa, berdzikir, membaca al-Qur’an, dan ber-taqorrub  (mendekatkan diri) kepada-Nya. Masjid adalah rumah yang wajib dimuliakan, dihormati, dan diperhatikan.

Alloh ta’ala berfirman:

وَطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

“Sucikanlah rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thowaf, dan orang-orang yang beribadat dan orang-orang yang ruku’, dan sujud.” (QS. Al-Hajj [22]: 26)

Mencintai masjid menjadi sebab mendapatkan naungan kepada hari kiamat. Di antara tujuh golongan yang akan mendapat naungan Alloh kelak ialah:

“Seseorang yang hatinya terkait dengan Masjid.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Seorang yang datang ke masjid untuk sholat atau dzikir, Alloh subhanahu wa ta’ala akan menyambutnya dengan gembira. Rosululloh sholallohu alihi wasallam bersabda:

“Tidaklah seorang laki-laki menempati masjid untuk sholat atau dzikir kecuali Alloh berseri-seri terhadap sebagaimana seseorang berseri-seri ketika menyambut kerabatnya yang lama pergi ketika datang kepadanya.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Majah, dihohihkan oleh Syaikh al-Albani)

Para pengunjung tetap masjid adalah sohabat-sohabat dekat malaikat. Rosululloh sholallohu alihi wasallam bersabda:

“Sesungguhnya masjid-masjid itu memiliki pengunjung-pengunjung tetap, para malaikat adalah kawan-kawan mereka, jika mereka itu absen maka malaikat akan merasa kehilangan, jika mereka itu sakit para malaikat akan menengoknya, jika mereka dalam suatu kebutuhan maka para malaikat akan membantu hajatnya.” (HR. Ahmad, dishohihkan oleh Syaikh al-Albani)

Pengagungan Baitulloh berarti pengagungan kepada pemiliknya, yaitu Alloh Robbul ‘alamin. Pengagung Baitulloh adalah pengagung syiar-syiar Alloh yang merupakan wujud ketakwaan seorang hamba.

Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman:

 ذَٰلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ  

“Demikianlah (perintah Alloh). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Alloh, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al-Hajj [22]: 32)

Salah satu bentuk pengagungan Baitulloh adalah memperhatikan kebersihan, keindahan, dan keharuman masjid, serta menghilangkan semua hal yang menimbulkan ketidaknyamanan dan ketidaktenangan di dalam Masjid. ‘Aisyah rodhiallohu anhuma berkata:

“Sesungguhnya Nabi sholallohu alihi wasallam memerintahkan untuk membangun Masjid, membersihkan dan mengharumkannya.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan An-Nasa’i)


Dukung Radio Fajri dengan menyalurkan sebagian harta Anda, untuk pembiayaan dan pengembangan dakwah Islam melalui Radio Fajri dengan berdonasi di nomor rekening A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani:

Bank Syariah mandiri : 7068-790-268
Bank Muamalat : 121-007-6294
Bank BNI Syariah : 033-596-2322
Bank BCA : 095-319-5957
Bank BRI Syariah : 2102-100-993

Informasi dan Konfirmasi:
Tlp. WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05