Pertanyaan : Bagaimana cara iblis menghancurkan manusia? Dari Hamba Alloh (08577745xxx)

Jawaban:

Terkait dengan cara bagaimana cara iblis menghancurrkan manusia ada beberapa cara, di antaranya dengan menghalangi manusia dari jalan Allah yang lurus yaitu Islam, dan menghalangi manusia untuk menuntu ilmu agama. Dalam hal ini Allah berfirman:

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيم  ثُمَّ لَآَتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

Iblis berkata: Karena Engkau telah menyesatkan aku, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus. Dan pasti aku mendatangi mereka dari depat, dari belakang, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur”. (QS. Al-A’raf: 16-17)

Dalam Tafsir Ibnu Katsir dikatakan menukil perkataan Ibnu Abbas terkait dengan ayat “aku akan mendatangi mereka dari depan mereka” yakni memberi keraguan tentang perkara akhirat. Kemudian “dari belakang mereka” yakni dijadikan manusia menyenagi kehidupan dunia dibandingkan dengan akhirat. “dari kanan mereka” disamarkan tentang urusan agama sehingga tidak lagi mengenal agama mereka, “dari kiri mereka” yakni dijadikan mereka senang terhadap kemaksiatan sehingga mereka melakukan kemaksiatan.

Dan selain dari pada itu setan akan menyibukkan manusia dengan perkara yang sunah sehingga meninggalkan yang wajib, menyibukkan manusia dengan perkara yang bid’ah atau perkara yang tidak diajarkan syari’at dibandingkan melakukan perkara yang disunahkan atau yang disyariatkan, dan seterusnya. Allohu A’lam

%d bloggers like this: