Asosiasi Ulama Palestina mengutuk tudingan teroris terhadap Presiden Federasi Ulama Muslim Dunia Syaikh Yusuf Qardawi. Pernyataan ini dikeluarkan dalam pertemuan khusus untuk solidaritas ulama kelahiran Mesir itu di Gaza pada Sabtu (10/06/2017) lalu.

Kepala Asisosiali Ulama Palestina, Marwan Abu Ras mengatakan Yusuf Qardawi adalah sosok yang moderat dan menolak terorisme. Dia menambahkan bahwa doktor Qardawi telah mendapat banyak penghargaan dari negara-negara Teluk. Begitu juga, negara-negara tersebut meminta bantuan Syaikh untuk meluruskan pemahaman warganya.

Seperti diketahui, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain mengeluarkan pernyataan bersama memasukkan individu dan lembaga yang terkait dengan Qatar ke dalam daftar “teroris”. Daftar ini sebagai kelanjutan pemutusan hubungan diplomatik dan ekonomi terhadap Qatar.

Doha sendiri dikenal sebagai negara yang memberi suaka politik kepada para pemimpin gerakan Islam, terutama dari Mesir seperti Ikhwanul Muslimin dan Jamaah Islamiyah Mesir. Negara tersebut juga menjadi satu-satunya negara yang mengizinkan Taliban membuka kantor biro politik untuk hubungan internasional.

(Kiblat.net)