Riyadh, Arab Saudi – Otoritas Arab Saudi akan segera mengeluarkan e-Visa atau visa elektronik untuk jamaah haji dan umroh. Layanan ini disebut akan memudahkan ibadah umroh dan haji bagi jamaah dari luar Saudi.

penasihat menteri haji dan Umroh, Abdulrahman Shams mengatakan bahwa Visa elektronik akan dikeluarkan untuk memfasilitasi haji dan Umroh.

Shams mengatakan platform elektronik akan mencakup layanan baru yang akan memberikan akses non-Saudi ke portal online. Mereka dapat meninjau paket layanan, memilih paket dan mengajukan visa secara elektronik.

Pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri untuk mengeluarkan visa secara elektronik, dalam beberapa menit setelah melengkapi formulir yang diperlukan, dan tanpa perlu paspor untuk pergi melalui kedutaan.

Menurutnya, langkah ini akan membantu mendorong lebih banyak peziarah.

Arab Saudi telah mengeluarkan lebih dari 4 koma 3 juta lebih visa Umroh tahun ini. Langkah Kementerian membantu memfasilitasi perjalanan para peziarah.

Pada bulan Januari, kementerian memperbarui portal online-nya untuk mendukung para peziarah asing. Hampir 1 koma 1 juta Muslim menggunakan portal online Maqom dalam fase uji coba tahun lalu. Dari situ, mereka dapat memilih antara lebih dari 30 perusahaan yang menyediakan perjalanan dan akomodasi untuk perjalanan ke Mekkah dan Madinah.

Abdulaziz Al-Wazzan, wakil menteri Haji dan Umroh, mengatakan inisiatif ini bertujuan untuk membuat visa lebih mudah diakses oleh jamaah haji, selain untuk meningkatkan jumlah jemaah haji. (kiblat/admin)

%d bloggers like this: