Pertanyaan : Pak Ustadz apakah “menguap” ketika sholat itu syah sholatnya..? Terus apa yang harus dilakukan kalau terpaksa menguap waktu sholat, dan apakah menguap termasuk godaan syetan? Apalagi waktu sholat malam. Terimakasih. Dari Tono di Tapos-Depok

Jawaban :

Menguap tidaklah membatalkan sholat dan tidak terdapat dalil atau keterangan yang menyebutkan bahwa menguap itu membatalkan shalat. Tapi memang benar, jika dalam shalat hendak menguap Nabi memerintahkan supaya menahannya, bahkan jangan sampai mengeluarkan suara “ha” dan menguap datangnya dari setan. Hal ini berdasarkan hadits Nabi yang bersumber Dari Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda:

التَّثَاؤُبُ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ الشَّيْطَانُ

Menguap adalah dari setan, jika salah seorang dari kalian menguap, maka hendaknya ditahan semampu dia, sesungguhnya jika salah seorang dari kalian (ketika menguap) mengatakan (keluar bunyi): ‘hah’, maka setan tertawa.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kemudian dalam hadits lain beliau bersabda:

إِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فَمِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ

Jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaknya dia tahan mulutnya dengan tangannya, karena setan berupaya untuk masuk.” (HR. Muslim)

Itulah yang harus dilakukan ketika seorang menguap baik diluar sholat atau ketika sholat ikarena menguap merupakan salah satu bentuk tipu daya setan atau datang dari setan. Allohu a’lam.

 

%d bloggers like this: