“ Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah “ (HR. Muslim)

Menjadi istri sholihah adalah dambaan bagi setiap wanita muslimah yang senantiasa merindukan pertemuannya dengan Sang pemilik cinta sejati, yang tak pernah membuat kecewa para pecinta-Nya. Dia akan melakukan semua ketaatan yang akan menjembatani antara dia dengan keridhoan Robbnya. Salah satunya berusaha menjadi istri sholihah bagi suaminya, karena Alloh ‘Azza Wa Jalla akan memberikan keridhoan kepadanya saat suaminya meridhoinya.

Agar seorang istri menjadi dambaan suami, maka perhatikanlah point-point penting berikut ini:

1. Keteguhan beragama yang kuat

Seorang istri sholihah akan senantiasa mengingat dan memahami tujuan dia diciptakan, yaitu hanya untuk beribadah kepada Alloh ‘Azza Wa Jalla, karenanya dia akan senantiasa taat dan patuh terhadap semua perintah Robbnya, dia selalu menunaikan sunnah nabi-Nya bahkan membantu suaminya untuk melaksanannya pula.

 2. Berakhlak mulia, berkepribadian lembut dan tenang

Sungguh beruntung seorang laki-laki yang menikahi wanita yang berakhlak baik, perkataannya baik, tidak neko-neko, tidak pendendam atau menyusahkan kehidupan suaminya dengan menentang, justru sebaliknya, ia selalu berterimakasih terhadap pemberian suaminya, karenanya suaminya akan meridhoinya dan Alloh ‘Azza Wa Jalla pun akan lebih meridhoinya.

 3. Haus terhadap ilmu-ilmu agama

Dalam menuntut ilmu, seorang wanita sholihah tidak berhenti pada batas waktu, atau tempat-tempat tertentu, karena dia tahu bahwa menuntut ilmu adalah ibadah yang dapat mendekatkan dirinya kepada Alloh ‘Azza Wa Jalla, lebih-lebih karena secara syar’i menuntut ilmu adalah wajib.

4. Memahami posisi suaminya sesuai pandangan Islam

Yaitu dengan menunaikan hak-haknya secara penuh, dengan keyakinan sebagai bentuk ibadah kepada Alloh ‘Azza Wa Jalla, selalu memperhatikan makanannya, pakaiannya, dan semua kebutuhannya tanpa merasa terbebani, karena seorang wanita sholihah hanya akan mengharap keridhoan Alloh ‘Azza Wa Jalla dalam setiap aktifitasnya.

5. Ekonomis dan tidak boros

Seorang suami tentunya mendambakan seorang istri yang amanah terhadap harta suaminya, dia memelihara dan menjaga apa yang dititipkan kepadanya di rumah, dia tidak menggunakan harta suaminya tanpa seizinnya, pandai mengatur keuangan dan tidak menghambur-hamburkannya kepada hal yang tidak bermanfaat.

6. Peduli terhadap perhiasan, aroma tubuh dan kesucian dirinya

Salah satu faktor paling penting yang dapat memicu timbulnya masalah suami istri, dan berpalingnya suami dari istrinya adalah ketidakpedulian seorang istri terhadap perhiasan, aroma tubuh, kebersihan dan kesucian dirinya, padahal suaminya memiliki hak atasnya. Sebagai seorang muslimah hendaklah senantiasa memperhatikan hal ini karena wanita yang baik itu adalah yang menyenangkan jika suaminya memandangnya.

7. Bersikap baik terhadap keluarga suaminya

Di antara etika dalam islam adalah seorang istri mendahulukan keridhoan suaminya daripada dirinya sendiri, dan memuliakan sanak saudara khususnya dua mertuanya, seorang suami akan bangga saat memiliki istri yang menghormati, menyayangi dirinya dan keluarganya, bukan istri yang hanya mementingkan dirinya sendiri, dan tidak pernah peduli terhadap suami dan keluarganya.

 

8. Cerdas dan bijak

Seorang istri sholihah yang cerdas dan bijak selalu memperhitungkan setiap kalimat, pekerjaan, dan sikapnya dengan matang. Dia tidak akan suka mengadukan suaminya kepada seseorang termasuk kepada keluarganya, tidak membawa masalah keluarga keluar rumah. Hanya wanita kurang akal yang tiap hari menyajikan berita harian yang terjadi di rumah kepada orang lain.

9. Peduli terhadap pendidikan anak-anaknya

Seorang ibu adalah madrasah utama bagi anak-anaknya, dalam hal ini seorang istri sholihah yang bertanggung jawab sebagai pemimpin di rumah suaminya, akan berusaha sekuat tenaga untuk mencetak generasi sholih dan sholihah yang mempunyai semangat jihad untuk mengibarkan bendera dakwah di jalan Alloh ‘Azza Wa Jalla, istri sholihah akan sangat menyadari bahwa anak adalah titipan dan asset berharga bagi dia dan suaminya, karenanya dia akan melakukan berbagai cara yang diridhoi Alloh ‘Azza Wa Jalla, tentunya untuk menjaganya, mendidiknya dan membentuknya menjadi hamba Alloh ‘Azza Wa Jalla yang beruntung di dunia dan akhirat.

10. Tidak materialistis

Sebagaimana umumnya wanita masa kini yang menumpuk harta dunia tanpa mementingkan kehidupannya setelah mati, seorang istri sholihah adalah orang yang zuhud, dia akan lebih mementingkan rumah di akhirat daripada di dunia oleh karena itu dia senantiasa sibuk mempersiapkannya dengan melakukan amal shalih dan ketaatan kepada Alloh ‘Azza Wa Jalla, dia akan senantiasa berinfak di jalan Alloh ‘Azza Wa Jalla untuk bekalnya di akhirat kelak.

Semoga sepuluh point di atas bisa memberikan motivasi kepada para saudariku muslimah yang ingin menjadi istri idaman bagi suaminya, dan seorang istri sholihah akan terus mencari point-point lainnya dengan banyak menuntut ilmu syar’i.

Wallohu a’lam bisshowab.

 

Artikel : Gerimis


Dukung Radio Fajri dengan menyalurkan sebagian harta Anda, untuk pembiayaan dan pengembangan dakwah Islam melalui Radio Fajri dengan berdonasi di nomor rekening A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani:

Bank Syariah mandiri : 7068-790-268
Bank Muamalat : 121-007-6294
Bank BNI Syariah : 033-596-2322
Bank BCA : 095-319-5957
Bank BRI Syariah : 2102-100-993

Informasi dan Konfirmasi:
Tlp. WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05